Blogroll

Himpunan Semesta

Himpunan Semesta - Selamat Datang Di Kumpulan Materi Matematika SMP,SMA,SMK sebagai media pembelajaran sobat semua, Pada sharing Materi Matematika kali ini yang berjudul Himpunan Semesta, akan kami sampaikan secara lengkap dan lugas sesuai kebutuhan pembelajaran anda. mudah-mudahan isi postingan materi matematika yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia pembahasannya.

Materi :
judul : Himpunan Semesta

Himpunan Semesta

Himpunan Semesta

Coba kalian perhatikan gambar di bawah ini.
Himpunan Semesta
        Pada gambar tersebut terdapat peralatan makan yaitu sendok, garpu, piring, gelas, dan pisau makan. Jika sendok, garpu, piring, gelas, dan pisau makan kita anggap sebagai anggota himpunan B, maka semesta pembicaraan dari himpunan B adalah himpunan S = {peralatan makan}. Himpunan S adalah himpunan semesta dari himpunan B karena himpunan S memuat semua anggota himpunan B.
Himpunan semesta adalah himpunan yang memuat semua anggota himpunan yang menjadi topik pembicaraan. Himpunan semesta dinotasikan dengan S.

Contoh 1:

Coba kalian perhatikan tabel periodik unsur yang kalian punya, unsur Helium (He), Neon (Ne), Argon (Ar), Kripton (Kr), Xenon (Xe), dan Radon (Rn) termasuk dalam golongan gas mulia. Jika unsur-unsur tersebut kita anggap sebagai anggota suatu himpunan maka himpunan semestanya adalah unsur gas mulia. Dengan kata lain, himpunan semesta dari himpunan 
A = {Helium, Neon, Argon, Kripton, Xenon, Radon} adalah himpunan semesta 
S = {unsur gas mulia}.

Contoh 2:

Tentukan himpunan semesta yang mungkin dari himpunan {3, 5, 7, 11, 13, 17}.

Penyelesaian:

Jika A = {3, 5, 7, 11, 13, 17} maka himpunan semesta yang mungkin dari himpunan A adalah sebagai berikut.
S = {bilangan bulat positif} atau
S = {bilangan ganjil} atau
S = {bilangan prima} atau
S = {bilangan cacah} atau
S = {bilangan asli} atau
S = {bilangan real}


Demikianlah pembahasan Himpunan Semesta

mengenai Himpunan Semesta, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan tentang materi matematika kali ini.

Anda sedang membaca artikel Himpunan Semesta dan artikel ini url permalinknya adalah https://matematikapasti-bisa.blogspot.com/2016/01/himpunan-semesta.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Himpunan Semesta"

Posting Komentar