Blogroll

Pengurangan Dua Himpunan

Pengurangan Dua Himpunan - Selamat Datang Di Kumpulan Materi Matematika SMP,SMA,SMK sebagai media pembelajaran sobat semua, Pada sharing Materi Matematika kali ini yang berjudul Pengurangan Dua Himpunan, akan kami sampaikan secara lengkap dan lugas sesuai kebutuhan pembelajaran anda. mudah-mudahan isi postingan materi matematika yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia pembahasannya.

Materi :
judul : Pengurangan Dua Himpunan

Pengurangan Dua Himpunan

Pengurangan Dua Himpunan



        Selisih himpunan A dan himpunan B adalah himpunan yang anggotanya merupakan anggota himpunan A dan bukan anggota himpunan B.
        Notasi selisih atau pengurangan adalah “-“. Pengurangan atau selisih himpunan A dan Bdapat dituliskan sebagai A - B dan didefinisikan sebagai berikut.
        Bila dinyatakan dalam diagram Venn, selisih himpunan A dan B dapat digambarkan dalam arsiran berikut ini.



◈ Contoh Pengurangan Dua Himpunan ◈



Contoh 1:
Bila A adalah himpunan semua karyawan dan guru, sedangkan B adalah himpunan beberapa karyawan dan guru yang diikutkan dalam kegiatan study tour, maka tentukan anggota dari
A - B.
Penyelesaian:
A - B merupakan himpunan yang anggotanya beberapa karyawan dan guru yang tidakdiikutkan dalam kegiatan study tour.
Contoh 2:
Diketahui:
A = {c, d, e, f, g}
B = {f, g, h, i}
tentukan anggota dari A - B.
Penyelesaian:
Perhatikan anggota-anggota pada himpunan A dan B. Manakah yang anggotanya sama? Ayo kamu cari dahulu. Ternyata anggota yang sama adalah f, g. Anggota himpunan A - B adalah anggota-anggota di himpunan A dan bukan anggota di himpunan B yaitu c, d, e.
Jadi, anggota dari A - B adalah c, d, e.
Contoh 3:
Diketahui:
C = {1, 4, 5, 6, 7, 9, 11}
D = {2, 3, 4, 7, 8, 9, 10}
tentukan penyelesaian dari C - D.
Penyelesaian:
Perhatikan anggota-anggota pada himpunan C dan D. Manakah yang anggotanya sama? Ayo kamu teliti sejenak. Ternyata anggota yang sama adalah 4, 7, 9. Anggota himpunan C - Dadalah anggota-anggota di himpunan C dan bukan anggota himpunan di D yaitu 1, 5, 6, 11.
Jadi, C - D = {1, 5, 6, 11}.
baca juga Teka-teki Matematika


Demikianlah pembahasan Pengurangan Dua Himpunan

mengenai Pengurangan Dua Himpunan, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan tentang materi matematika kali ini.

Anda sedang membaca artikel Pengurangan Dua Himpunan dan artikel ini url permalinknya adalah https://matematikapasti-bisa.blogspot.com/2016/01/pengurangan-dua-himpunan.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Pengurangan Dua Himpunan"

Posting Komentar